Cara Meningkatkan Performa Android

Cara Meningkatkan Performa Android

 

CaraMeningkatkan Performa Android - Hallo semua sobat AndroKompi, Pada post sebelumnya AndroKompi menyajikan salah satu Tip Cara Menghemat Baterai Android. Seperti kita ketahui bersama bahwa Android adalah smartphone yang sedang booming karena system operasinya lengkap dan penuh Fitur Entertainment (mis: games) dan Sosial-Medianya, sampai sampai battere atau power-supply nya kewalahan. 
Dan sekarang saya akan melanjutkan dengan tip “Cara Meningkatkan Performa Android”.  Lantas apa maksud saya memilih judul post demikian?.  Maksudnya kurang lebih begini sobat, karena kita sering memasang(Install) atau Game dari Google Play Store, kemudian kita  cabut (Uninstall) lagi. Begitu berulang kali, karena banyaknya tawaran Game bagus yang ditawarkan Google Play Store, akhirnya banyak data-scrap atau sampah deh.  Dan akibatnya apa, Android sobat jadi berat bin lemot.

Nah, agar Unjuk Kerja Android sobat kembali ringan dan cepat, lakukan hal – hal seperti di bawah ini:


Factory Data Reset


A. Lakukan Factory Data Reset atau Format Ulang pada Android sobat.
Karena kita bisa dengan mudah mendapatkan Game dari Google Play Store, maka jangan sayang-sayang untuk Reset-Ulang Android sobat.
Caranya:
  1. Masuk pada Setting atau pengaturan
  2. Pilih Privac 
  3. Pilih Factory Data Reset 
  4. Pilih Reset-Phone untuk konfirmasi, tunggu sampai Android sobat selesai Restarting. 
Setelah Factory Data Reset,  check akun Google pada Android sobat dan lakukan  syncronisasi akun sobat, kemudian pasang platform anda
Langkah Alternatif tanpa Factory Data Reset :
Masuk pada Setting atau pengaturan, pilih, kemudian pilih Manajemen  Akan tampil beberapa platform yang sedang berjalan pada Android sobat. Bila platform tersebut menggunakan memory yang besar, pertimbangkanah untuk memilih force close atau clear data (bila platform tersebut terhubung dengan peramban atau browser).
Akan tetapi langkah alternatif ini hanya akan menambah ringan dan cepat kerja Android sobat dalam tempo itu saja (sementara). Jadi saya menyarankan untuk Factory Data Reset agar bersih dan segar kembali.

B. Pasang Platform Optimus Root Memory Optimizer 
Menginstal platform ini memberikan keuntungan bagi ponsel Android karena akan menghentikan platform yang berjalan di background Android ketika sistem memori sedang turun. Platform ini Memberikan keleluasaan memory sobat dan meningkatkan performa ponsel Android yang sobat inginkan.
Optimus adalah Memory Optimizer untuk pengguna ROOT saja.
 

Bagaimana cara kerjanya?

Android secara otomatis memberhentikan platform yang berjalan di belakang atau proses background, saat sistem memori turun di bawah ambang batas tertentu. Optimus mengubah pengaturan tersebut memori, yang menyebabkan Android untuk membebaskan memori lebih agresif, sehingga meningkatkan kinerja sistem dan daya tahan baterai.
Optimus memiliki tiga pengaturan yang berbeda: Moderat, Seimbang dan Extreme.
Optimus adalah alternatif AMAN untuk Killers Tugas tradisional, yang diketahui bisa menyebabkan kerusakan pada sistem operasi Android.



C. Pasang AutoKiller Memory Optimizer


AutoKiller Memory Optimizer

AutoKiller Memory Optimizer meningkatkan perangkat Anda dan membela baterai Anda pada waktu yang sama!


Lebih canggih dari Task Killer. AutoKiller Memory Optimizer bukan manajer tugas rutin, itu adalah memori pemenang penghargaan (minfree) Tweaker, itu baik lagu android sistem manajer memori batin untuk berpuasa perangkat Anda dari waktu ke waktu. Sebagai efek samping itu juga menurunkan konsumsi baterai. Juga termasuk proses manual / manajer pelayanan dan penyuluhan DashClock.

- ROOT DIBUTUHKAN untuk mengatur nilai minfree, perangkat Unrooted hanya akan memiliki persaingan fitur ini
- Jika Anda memiliki pertanyaan atau Anda menghadapi kesalahan silahkan cek halaman rumah atau menulis e-mail.
- Untuk lebih jelasnya lihat halaman rumah 

Platform kunci PRO tersedia d Play Store!
Donatur dan pengguna PRO menerima fitur tambahan:
- Tidak ada iklan
- Chuck Norris modus diaktifkan
- Menerapkan tweak kernel ketika boot
- Alternatif yang telah ditetapkan (sementara layar tidak aktif)
- Semua widget
- Cepat restart
- Memori reclaim.
- Interval rendah dipilih untuk emulator minfree.


Harap berhati-hati, platform dengan tampilan dan nama yang sangat mirip didistribusikan, mereka bisa berbahaya.

 
D. Pasang Task Killer

Dengan  Task Killer, sobat AndroKompi bisa dengan mudah mematikan Task atau Tugas  yang sedang berjalan, sesuai keinginan sobat. Tujuannya agar memperingan task atau tugas yang diderita oleh Android sobat. Task Killer ini persis seperti Task-Manger pada Kompi.


Aplikasi Task Killer



E. Pasang  ES File Explorer


Pasang Aplikasi ES File Explorer

Platform ini merupakan file manager yang sebagai manajemen ponsel Android sobat. Yang Dapat menghapus dan menata ulang isi dari memori ponsel Android sobat dengan catatan tetap harus berhati-hati dalam memilih. Matikan Auto Update Merupakan salah satu fitur yang ada di setiap platform yang membutuhkan pembaruan sistem sewaktu-waktu. Kelemahannya adalah update otomatis bisa setiap saat dan performa Android jauh

berkurang dari biasanya. Tindakan yang cukup sederhana adalah matikan auto update sobat atau sobat pilih mana platform yang benar-benar penting untuk pembaruan system setiap saat..



Nah sobat AndroKompi semua, kiranya cukup sekian dulu info atau tip dari AndroKompi tentang bagaimana Cara Meningkatkan Performa Android semoga bisa menambah wawasan sobat AndroKompi dan bisa menjawab kenapa Andro sobat bekerjanya kurang maksimal. terima kasih sudah mau membaca post ini.
Salam AndroKompi.
 

14 comments for "Cara Meningkatkan Performa Android"

  1. bagus tutorialnya agar pc android semakin meningkat kemampuannya. jadi bisa ditambah-tambah ya... dgn beberapa komponen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, sudah berkunjung sob.
      Intinya harus rajin bersih-bersih sob,.he..he.
      Hemat konsumsi battere dengan meminimalis Background-Apps.
      Biar ngacir boss.
      TQ ya.

      Delete
  2. saya hanya sekedar pakai, gan. sekedar reset factory aja. instalasi aplikasi sy biasa nyari file .apk-nya dulu, jadi gak repot mesti ke google play kalo ofline

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay sobat, semua terserah sobat. tapi saran saya paling nggak pasang Optimus Root Memory Optimizer, dan salah satu Task-killer agar kita bisa mengatur mana Apps yang boleh bekerja di belakang layar.

      BTW, thank ya sob, sudah mampir.

      Delete
  3. Kalau saya cuman Reset Ulang saja, sob. Applikasi Optimus dan Tas Killer nya tidak saya pasang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hanya meRest-Ulang saja, sobat Hadeka QA harus sering mengontroll Task Active, sob. Matikan secara manual Task yang sobat inginkan. Agar proses kerja Applikasi yang lain, bisa Cepat loadingnya.
      Terima kasih sudah mampir sob.

      Delete
  4. makasih sob sudah berbagi,Oh iya sob link sobat sudah tips blogger pasang makasih sudah berkenan tukar link,dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sobat sudah mau Tuker Link, dan mau komentar di post aya "Cara Meningkatkan Performa Android".
      Salam Blogger

      Delete
  5. Besuk ini rencana baru mau beli gadgetnya sob, kalo dah kebeli ane praktekin deh tips2nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay sob, thanks ya sudah mampir. Supaya gadget tetap dalam performance mantap, Lakukan pemeliharaan dan manage software/apps nya seperti diatas sob.

      Delete
  6. Cocok sekali dengan yang butuhkan mas. Si Samsung saya lola banget. Saya mau download semua aplikasi yang mas recomendasikan. Terimakasih mas.

    ReplyDelete

Terima kasih sobat sudah berkunjung di AndroKompi, dan :
1. Berkomentar dengan arif dan sopan
2. Tidak memasukkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar relevan dengan topik artikel..
4. Berkomentarlah dengan sopan dan penuh etika.
5. Marilah kita menjadi Blogger yang saling memberi manfaat.
6. Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
7. Harap berkomentar dengan kalimat dan bahasa yang baku.